SMPN 1 Binuang | Jl. Serawi Binuang | Kec. Binuang | Kab. Tapin | Kalimantan Selatan 71183| Telp : (0517)5508082

Rabu, 11 Agustus 2010

JAMBORE CABANG KAB. TAPIN

Gerakan Pramuka Gugus Depan SMPN 1 Binuang mengikuti perkemahan atau yang disebut Jambore se Kab. Tapin, Senin, 2 Agustus sampai Kamis 5 Agustus 2010 kemaren. Gugus Depan kita merupakan wakil dari Kwartir Ranting Binuang, disamping Gugus Depan dari MTsN Binuang.

Kegiatan in berlangsung 4 hari di desa Salam Babaris, kec. Tapin Sselatan. Bumi perkemahan bertempat di lapangan, sekitar 3 km dari Tambarangan. Cuaca yang terik membuat tenda para peserta terasa panas dan ketika dingin ketika malam hari. Namun hal itu tidak mengurangi semangat peserta walaupun acara sangat padat.

Mulai berangkat hari Senin itu cuaca sangat terik, dan para peserta harus mendirikan tenda ditengah teriknya matahari jam 13 WITA itu. Tapi setelahnya acara cuma diisi dengan kegiatan pribadi. Untuk upacara pembukaan yang akan dihadiri Bupati Tapin baru besok pagi dilaksanakan.

Selama 4 hari itu banyak sekali kegiatan yang diikuti peserta, mulai dari apel pagi-sore, mengikuti lomba-lomba, penyuluhan tentang narkoba (oh iya, tema Jambore adalah menciptakan generasi muda anti narkoba) dan out bond/wide game. Walaupun cape namun peserta tetap semangat, apalagi bila diberi kesempatan meneriakkan yel-yel, peserta seperti saling beradu teriakan saking semangatnya.

Disamping kecakapan kepanduan, para peserta juga belajar hidup mandiri dengan memasak dan menjaga kebersihan tenda. Diajarkan hidup sederhana, disiplin dan taat peraturan. Sangat bagus untuk generasi muda kita.

Meskipun pramuka kwarran Binuang persiapannya seadanya dan hanya sedikit mendapat dukungan dana dari kecamatan, namun sangat mengejutkan bisa memperoleh 5 buah piala; antara lain juara 1 lomba menggambar, juara 3 kebersihan tenda, juara 3 outbond, juara 3 lomba menulis puisi dan juara 3 pentas seni. Salut buat kreatifitas peserta!! Apalagi dari kwarran Binuang terpilih 4 orang yang akan mewakili kab. Tapin ke Jambore Daerah nanti, dan salah satunya adalah Rina Purwandani dari SMPN 1 Binuang…hebat!

Dan yang membuat bangga, ternyata banyak siswa-siswa kita yang berbakat dalam seni, diantaranya ovie yang mengiringi madihin dengan petikan gitar, dan duo Nelly-Putri yang menyanyikan lagu Aishiteru (Nelly main gitar, Putri nyanyi) dengan sangat bagus.

Akhirnya, semoga kegiatan seperti ini dapat mendidik generasi muda kita agar lebih baik. AYO SEMUANYA, IKUT PRAMUKA!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar