SMPN 1 Binuang | Jl. Serawi Binuang | Kec. Binuang | Kab. Tapin | Kalimantan Selatan 71183| Telp : (0517)5508082

Minggu, 02 Mei 2010

BAHASA INGGRIS…..ADUH SUSAHNYA!!


Apa sih yang kamu pikirin ketika mendengar kata ‘pelajaran Bahasa Inggris’? Senang? Bosen? Takut? Atau malah Illfeel? Lhoo….kenapa? memangnya pelajaran Bahasa Inggris itu susah banget ya? Emang seeeh, banyak banget yang bilang kalo pelajaran Bahasa Inggris tu susah, bikin bête, ngebosenin, apalagi kalo gurunya killer….alamak, komplit deh pokoknya segala hal yang gak enak ada di pelajaran satu itu!

Pelajaran Bahasa Inggris memang susah kalo dibilang susah…tapi gak susah-susah amat kok. Apalagi kalo kamu serius belajarnya, pasti bisa. Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang di-UN-kan, itu artinya Bahasa Inggris mata pelajaran yang menentukan. Kita kan semua sudah pada tau kalo sekarang jaman makin canggih. Semua serba maju. Ada internet yang mengagumkan yang memungkinkan kita untuk menggali informasi tentang apa aja tanpa batas. Apalagi anak-anak sekarang hobby banget sama yang namanya Facebook, Twitter….hayyo…siapa sih yang gak tau? Tapi……semua itu kebanyakan pake Bahasa Inggris kan? Nah, sekarang jadi sangat jelas kalo Bahasa Inggris itu penting banget. Bahasa Inggris dipakai di seluruh dunia sebagai Bahasa Internasional. Ke Negara mana pun kita pergi, asal punya modal cas cis cus aja pasti gak bakalan nyasar!

Nah….sekarang gimana dengan masalah dalam mempelajarinya tadi, yang katanya susah, gak ngerti-ngerti, susah mengucapkannya, serta masalah-masalah lainnya? Oke, simak deh beberapa tips berikut tentang gimana cara memahami pelajaran Bahasa Inggris………..
1. Yang pertama, kamu harus benar-benar niat dulu mau belajar Bahasa Inggris, gimanapun susahnya pelajaran itu. Ingat, gak ada yang gak bisa kamu fahami kalo kamu memang sudah niat. Dan jangan lupa, berusaha semaksimal mungkin.
2. Belajar Bahasa Inggris itu gak mungkin lepas dari kamus. Jadi, kamu harus punya kamus, minimal kamus saku yang kecil. Apalagi kalo kamu punya kamus Bahasa Inggris yang lengkap, atau malah punya Alpha Link. Pasti bakalan lebih memudahkan kamu. Sebagai info, standar kamus Bahasa Inggris yang bagus itu biasanya yang pengarangnya Hassan Shadily dan John Echols.
3. Pertama-tama kamu harus tau dulu parts of speech, atau jenis-jenis kata dalam Bahasa Inggris. Misalnya verb (kata kerja), noun (kata benda), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), preposition (kata depan), dan masih banyak lagi. Kalo mau tau lebih banyak, Tanya aja ibu atau bapak guru yang ngajar Bahasa Inggris di sekolahmu. Gak usah takut…beliau pasti senang kalo kamu tanya tentang pelajaran. Asal jangan tanya kapan libur aja ya…. Nah, setiap jenis kata itu kan ada definisinya, contoh-contohnya, fungsinya. Pelajari aja itu semua sampai kamu paham. Sekali lagi, minta guru Bahasa Inggrismu untuk membimbing.
4. Kalo sudah, baru deh kamu belajar tentang membuat kalimat. Ingat, jangan coba-coba bikin kalimat Bahasa Inggris kalo kamu belum tau parts of speech, subject, object, to be. Kalimat itu gak bakalan jauh-jauh dari pola S V O. tau kan SVO itu? Subject + Verb + Object. Nah, untuk kalimat sederhana atau simple present, pola itu akan selalu dipakai….makanya kamu harus tau dulu minimal apa itu verb. Untuk kalimat-kalimat yang lebih kompleks lainnya atau kalimat dengan bentuk lain bakalan mudah aja kalo kamu sudah menguasai cara membuat kalimat sederhana itu.
5. Kemudian, kamu harus tau banyak-banyak tentang kata-kata/vocabulary Bahasa Inggris. Gak ada cara lain lagi selain menghafalkannya luar kepala. Mudah aja, kamu mulai dulu dengan kata benda yang ada disekitar kamu. Misalnya di kelas, benda apa aja yang ada di kelasmu? Kalo kamu melihatnya tiap hari sambil mengingat Bahasa Inggrisnya, pasti kamu ingat dan hafal. Atau kamu bikin target menghafal kata. Misalnya dalam satu minggu kamu harus hafal kata Bahasa Inggris sebanyak 10 buah. Jadi selama seminggu kamu hafalin kata-kata itu aja, gak susah kan? Jadi kalau sebulan sudah 40 kata yang kamu hafal. 2 bulan ada 80 kata. Gimana kalo setahun? Woooow….coba bayangkan berapa banyak kata yang sudah kamu kuasai! Belum lagi kalo kamu lebih berani untuk menghafal dan memahami lebih banyak kata dalam seminggu itu….waduh, bisa-bisa kamu jadi naik peringkat kelas nih!
6. Yang gak kalah penting dalam belajar Bahasa Inggris adalah DISIPLIN dan RAJIN. Kamu gak bakalan sukses melakukan apapun kalau gak dibarengi dengan kedisiplinan dan kerajinan. Maksudnya gini; kalo kamu sudah berkomitmen dan berniat memahami Bahasa Inggris, maka kamu harus memegang teguh janji dan komitmen itu. Kalau harus menghafal 10 kata dalam seminggu, ya kamu harus menghafalkan 10 kata itu….jadi bukannya malah ditawar jadi 5 kata aja, atau malah minggu berikutnya jadi berkurang, atau yang lebih parah malah lupa apa yang sudah dihafal dan difahami. So… be discipline, okay!
7. Cobalah untuk lebih sering mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Apalagi kalo kamu senengnya memang sama lagu-lagu barat, itu bisa kamu jadikan sarana untuk belajar. Biasanya kalo suka sama satu lagu, kita pasti pengen tau dan hafal liriknya kan? Nah..cari aja lirik lagu kesayangan kamu itu di internet, coba pahami atau mengartikannya. Siiip….bertambah deh perbendaharaan kata kamu!
8. Yang terakhir, jangan lupa BERDOA. Kalo kamu sudah berusaha semaksimal mungkin, mintalah sama Tuhan supaya usaha kamu itu membuahkan hasil yang memuaskan. Kalaupun setelah berusaha keras kamu masih gak ngerti-ngerti juga, kita serahin aja sama Tuhan. Yang pasti, niat dan usaha yang bagus pasti membuahkan hasil yang bagus pula.

Nah, itu tadi beberapa tips cara belajar Bahasa Inggris. Trus gimana dong caranya supaya ibu atau bapak guru gak marah-marah? Caranya mudah banget. Turuti kata-kata beliau, yaitu BELAJAR. Dan ingat, kalau sudah belajar, kamu tidak boleh melupakan pelajaran kemaren. Coba kamu bayangin, gimana rasanya kalo misalnya kamu menceritakan sesuatu pada teman kita kemaren, eh hari ini dia malah lupa apa yang kamu ceritakan itu…Pasti bikin bête kan? Naah…sama dengan bapak dan ibu guru kita. Beliau pasti juga jengkel kalau apa yang telah beliau ajarkan malah dilupakan…sia-sia dong apa yang dikerjakan beliau…tul gak? Dan ingat, kalo kamu gak ngerti, jangantakut untuk BERTANYA.

Pelajaran Bahasa Inggris memang penting, tapi kamu jangan sampai melupakan pelajaran-pelajaran yang lain, ya! Semua mata pelajaran sama pentingnya, kok. Dengan belajar giat, disiplin, berusaha dan berdoa, kamu pasti bisa meraih apa yang kamu cita-citakan. Selamat belajar dan tetap semangat ya!!


Posted by : Helmawati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar